Rabu, 07 April 2010

0

Explanation Visual Basic Script

  • Rabu, 07 April 2010
  • Nurkholish Ardi Firdaus
  • Share
  • Visual Basic Script adalah pemrograman Visual Basic yang berorientasi pada script, beda dengan Visual Basic seperti biasanya,
    VBS merupakan bahasa interpreter karena file program berupa script dan bisa dirubah secara leluasa hanya dengan mengeditnya pada program teks editor seperti
    notepad, notepad++ dll. Sedangkan Visual Basic adalah bahasa terkompilasi karena file program yang beeformat seperti .exe. File exe ini adalah hasil kompilasi dari source code visual basic.

    Meskipun begitu, tidak semua file exe yang ada dalam komputermu adalah hasil dari pemrograman visual basic, ada bahasa pemrograman terkompilasi lain selain visual basic, antara lain:
    Borland Delphi,C,C++,C#,Fortran,Cobol,Borland Paccal dan lain-lain.
    Karena program VBS berupa text, maka perlu diadakannya penterjemahan code-code dalam script VBS kedalam bahasa mesin. Hal ini membuat file VBS lebih lama dalam pengeksekusiannya dibanding file exe.
    Sedangkan file exe adalah file yang code-code nya tidak perlu untuk diterjemahkan, karena file exe sudah ber bahasa mesin, sehingga lebih cepat dalam pengeksekusiannya.
    Sebagai gambaran, ibaratkan komputer adalah kamu sebagai seorang pembantu rumah tangga (hehehehehe), file program VBS adalah majikanmu yang berkebangsaan prancis, file exe adalah majikanmu yang berkebangsaan indonesia.
    Majikan prancismu tidak bisa bicara B.Indonesia. Ketika majikan prancismu memerintah kamu, otomatis kamu tidak tahu sebenarnya apa yang dikatakan majikan prancismu, maka kamu mencari apa arti kata-kata dalam B.Indonesia yang majikan prancismu katakan
    sebenarnya di "KAMUS PRANCIS-B.INDONESIA", baru deh kamu tahu apa yang maikan prancismu perintahkan, lalu kamu pun melakukan apa yang majikan prancismu perintahkan kepadamu karena kamu pembantunya. Jadi, waktunya akan lama krn hrs membuka kamus dahulu.
    Namun jika saat majikan Indonesia kamu memerintah kamu, kamu otomatis bisa langsung memahami apa yang dia perintahkan, jadi waktunya lebih singkat karena tidak usah buka kamus.
    Ketika file VBS tereksekusi, program eksekutornya merupahan program script host yang berfungsi sebagai "Kamus" untuk menterjemahkan code-code didalamnya menjadi bahasa mesin.
    Secara default pada windows, Script Host untuk mengeksekusi file VBS adalah Wscript.exe, namun ada juga Script Host lainnya yaitu Csript yaitu versi command shell nya.


    File VBS --------Tereksekusi-------->Ditejemahkan oleh Wscript/Cscript------------------->Bahasa mesin, perintah dilaksanakan.

    File EXE --------Tereksekusi-------->Bahasa mesin, perintah dilaksanakan.


    Wscript & Cscript dapat ditemukan di folder C:\Windows\system32. Jika file ini terhapus (Baik Wscript atau Cscript), windows akan memproduksinya lagi. Jadi kamu tidak akan bisa menghapusnya
    karena ketika kamu menghapusnya, file ini akan muncul kembali, kalau tidak percaya coba saja sendiri!.

    File Script VBS biasanya mempunyai format .vbs, untuk membuat file tersebut sangat mudah. Buka teks editor seperti notepad, klik save as.., ketik nama file (bebas) dan tambahkan kata .vbs, lalu ganti menu Save as type menjadi All Files, OK.
    Cara lainnya yang lebih mudah adalah menseting dan menambahkan pilihan file pada pilihan New pada saat kamu mengklik kanan.
    Coba kamu klik kanan di ruang kosong di desktop, geser ke New, lihat apakah sudah ada pilihan VBScript Script File. Jika tidak, ikuti langkah berikut dengan cara membuka Registry Editor, namun jika sudah tersedia, kau bisa langsung mengekliknya untuk membuat file VBS baru, jadi tidak perlu melakukan cara diatas ketika ingin membuat file VBS baru:
    1. Start
    2. Pilih Run, jika tidak tersedia, tekan saja tmbol Windows+R pada keyboard.
    3. Saat masuk di jendela Run, ketiklah regedit lalu enter untuk membuka registry editor.
    4. Saat masuk di jendela registry editor, bukalah key:
    HKEY_CLASSES_ROOT -> .vbs
    5. Klik kanan pada key .vbs pilih New -> Key.
    6. Namai dengan "ShellNew" tanpa tanda petik.
    7. Buat Value baru di Key ShellNew, dengan cara klik kanan pada ShellNew pilih New -> String Value.
    8. Namai value menjadi "NullFile" tanpa tanda petik.
    9. Exit Regedit
    10.Log Off komputer untuk apply perubahan.
    Jangan Lupa Komentar Yaa..
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    0 Komentar Untuk “Explanation Visual Basic Script”

    Posting Komentar

    Berikan komentar positif tentang artikel yang sederhana ini niscaya sobat akan mendapatkan balasannya. Hehehe

    Subscribe