Senin, 07 November 2011

1

[C] Teknik Membaca Satu Baris String Secara Keseluruhan

  • Senin, 07 November 2011
  • Nurkholish Ardi Firdaus
  • Share
  • Dalam bahasa C, scanf() merupakan fungsi yang bisa kita gunakan untuk meminta input dari user yang selanjutnya data input tadi akan kita olah secara lebih lanjut dalam progran kita. Data bisa berupa angka maupun karakter, kita bisa memanggil fungsi scanf() seperti ini: scanf("%s",array_char);  jika kita meminta user untuk mengimput data berupa kata. Namun ketika datanya berupa kalimat yang dipisahkan oleh spasi maka scanf() hanya akan membaca 1 kata pertama sebelum spasi, sebut saja user memasukkan input kata berupa "Aku Seorang Kapiten", maka scanf() hanya akan membaca kata "Aku" sedangkan sisanya akan diabaikan. Ini sesuai konsep bahwa dalam bahasa C, whitespace (spasi) adalah penanda akhir inputan. Jadi kita terkendala dengan karakter spasinya yang oleh compiler dibaca sebagai akhir kata. Lalu bagaimana solusinya? Banyak sekali solusi yang bisa kita gunakkan, salah satunya adalah menggunakan ekspresi reguler (regular expression), sintaks pemanggilan fungsi scanf() menjadi seperti ini: scanf("%[^\n]s",array_char); arti dari panggilan fungsi scanf() ini menjadi: "Baca semua karakter kecuali \n" dimana "\n" adalah salah satu backslash character constant yang artinya adalah newline (garis baru), jadi arti keseluruhannya adalah "Baca semua karakter hingga baris baru tercipta", baris baru tercipta ketika user menekan enter yang berarti berganti baris ("\n"). Marilah kita praktikkan secara langsung lewat source code dibawah ini:


    #include <stdio.h>
    #include <stdlib.h>
    
    int main()
    {
        char nama_lengkap[50];
        scanf("%50[^n]s",nama_lengkap);
        printf("Nama Lengap Anda: %-50s",nama_lengkap);
    }
    Oke, sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat :)
    Jangan Lupa Komentar Yaa..
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    1 Komentar Untuk “[C] Teknik Membaca Satu Baris String Secara Keseluruhan”

    Blogger mengatakan...
    Minggu, 23 Februari 2020 pukul 13.39.00 WIB Reply To This Comment

    Did you realize there is a 12 word phrase you can communicate to your crush... that will trigger intense feelings of love and impulsive attraction to you deep inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, admire and care for you with his entire heart...

    ===> 12 Words Will Trigger A Man's Desire Impulse

    This impulse is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to work better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    Matter of fact, triggering this powerful impulse is absolutely binding to achieving the best possible relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll immediately find him expose his mind and heart to you in such a way he haven't experienced before and he'll perceive you as the one and only woman in the universe who has ever truly fascinated him.


    Posting Komentar

    Berikan komentar positif tentang artikel yang sederhana ini niscaya sobat akan mendapatkan balasannya. Hehehe

    Subscribe